26 Hal Penting untuk Kesuksesan Toko Onlinemu

26 Hal Penting untuk Kesuksesan Toko Onlinemu

Terpikir membuat toko onlinemu sendiri? Mungkin iya, karena itu kamu jadi mampir ke panduan ini.

Toko online merupakan cara hebat untuk menghasilkan uang. Namun, tantangannya adalah memulai, terlebih bagi para pemula.

Tapi jangan khawatir! Berikut 26 hal yang kamu perlu ketahui untuk membangung toko online yang sukses.

1 – Audiens

Langkah pertama saat membangun toko merchandise online sebenarnya mudah. Namun banyak orang yang suka mencari jalan pintas.

Untuk bisnis apapun, kamu harus kenali audiensmu! Semakin kamu memahami audiensmu – seperti, siapa mereka dan apa yang mereka suka – semakin mudah menjual sesuatu kepada mereka.

2 – Backups

Saat kamu mencari sistem untuk menjadi rumah bagi toko onlinemu, pastikan file situsmu di-back up secara reguler. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan kembali dokumen atau data yang hilang atau terhapus dengan tidak sengaja.

Banyak penyedia jasa kini menawarkan backup secara real time.

3 – Copywriting

Kata-kata yang kamu tulis itu penting. Kalau ingin toko onlinemu sukses, mengeluarkan dana untuk copywriter atau belajar sendiri keterampilan penting ini sungguhlah sepadan. Ini akan membantumu memasuki pikiran pelanggan, lalu memikat mereka ke toko onlinemu.

4 – Nama Domain

Nama domain yang efektif itu pendek, mudah dieja, dan sesuai dengan nama perusahaanmu. Pelanggan jadi mudah mengingatnya dan kembali kapan pun mereka mau.

Kamu juga pasti mau nama domain yang unik, serta bukan sekadar subdomain yang umum.

Untuk memulainya, bacalah panduan kami dalam memilih nama domain terbaik bagi bisnismu di sini.

5 – Email Marketing

Email menjadi rute langsung ke inbox para pelangganmu, sekaligus ke dompet mereka.

Target market kamu dikunci ketika kamu membangun audiens yang secara sukarela daftar untuk menerima emailmu. Ini membantumu tetap saling terhubung, meningkatkan kesempatan agar mereka melakukan pembelian, atau mempromosikan brandmu kepada keluarga atau teman.

6 – Waktu Loading Website

Kecepatan website berpengaruh langsung ke peringkat Google dan tingkat conversion. Bahkan, penundaan 100 milidetik saat loading halaman berimbas pada turunnya conversion sebanyak 7%.

Memastikan waktu loading websitemu secepat mungkin haruslah menjadi prioritas.

7 – Pertumbuhan

Siapa yang tak mau bisnisnya tumbuh? Setiap pengusaha pasti mau – bisa jadi calon pelanggan, conversions, dan tentunya penjualannya yang tumbuh.

Karena itu, pengting bagi kamu untuk menghindari melakukan kesalahan yang sering dilakukan banyak startup:

  1. Tidak Menentukan Tujuan Bisnis yang Jelas. Tujuan bisnis menyediakan jalur untuk sukses. Kamu takkan bisa mencapai tujuan bisnismu tanpa merumuskan tujuan bisnismu. Kamu takkan bisa menciptakan strategi marketing online yang efektif tanpa tujuan marketing yang spesifik.
  2. Pengurusan Website “terlalu berlebihan”. Buat websitemu sederhana, profesional, dan mudah dinavigasi. Pastikan teksnya bisa dibaca dan menunya mudah dilihat.
  3. Kamu lupa persaingannya. Kompetisi online jangan sampai membuatmu stres. Namun, jangan juga sampai melupakannya. Para pesaingmu membantumu mengidentifikasi bagaimana caranya menonjol di pasar.

8 – Halaman Beranda

Halaman utama merupakan hal pertama yang dilihat pengguna saat mengunjungi websitemu. Jadikan itu hal penting dengan membuat kesan pertama yang bagus.

Pikirkan tentang apa yang kamu ingin orang-orang lakukan saat tiba ke websitemu. Hal apa yang kamu ingin mereka lakukan? Ke bagian mana kamu ingin membuat mereka tertarik?

Masukkan elemen-elemen berikut ke halaman tokomu:

  1. Headline dan sub-headline yang jelas dan sederhana,
  2. Kata aksi (Calls-to-Action),
  3. Tautan ke keranjang belanja,
  4. Logo brand
  5. Bar navigasi

9 – Inventori

Melakukan pemeriksaan inventori merupakan salah satu aspek paling penting dalam mendirikan toko. Ini akan membantumu melacak barang stok dan memastikan jumlahnya cukup di gudang.

Kalau kekurangan waktu atau sumber daya untuk mengurus inventori, kamu selalu bisa mencoba dropshipping. Dropshipping memungkinkanmu bekerja sama dengan produsen pihak ketiga yang mengurus inventori.

Kalau kamu merasa itu gagasan yang bisa dilakukan, coba lihat panduan dropshipping kami di sini.

10 – Perjalanan Pelanggan

Saat merencanakan toko online, anggap dirimu jadi pelanggan.

Petakan perjalanan pelangganmu. Mulai dengan momen mereka menyadari brandmu: apa yang mereka dengar melalui media sosial? Atau apa mereka mengunjungi toko fisikmu, sebelum mengecek website?

Selanjutnya, tentukan apa yang memotivasi pelanggan untuk membeli serta pertanyaan dan hambatan apa yang mungkin mereka alami saat melakukannya.

Memetakan langkah yang mereka ambil membantumu merawat hubungan itu, mengubahnya menjadi calon pelanggan yang memenuhi syarat menjadi pelanggan setia yang selalu kembali.

11 – Kata Kunci (Keywords)

Bayangkan dirimu ini pelanggan. Kata kunci apa yang mereka ketik di mesin pencari saat mencari benda-benda seperti produkmu?

Untungnya, kamu tidak perlu susah-susah mencari kata yang sama persis dengan kata yang dicari audiens.

Google AdWords Keyword Tool membantu mencari kata kunci dan istilah yang relevan. Namun, kamu tak bisa memilihnya secara acak. Pilih kata kunci yang “tepat” agar memiliki peringkat Google baik dan meningkatkan calon pelanggan bisnis.

Apa kriteria kata kunci yang baik?

  1. Jangan terlalu samar, jangan terlalu spesifik. Seberapa tinggi kemungkinan pencari untuk menggunakan kata-kata tertentu?
  2. Frase kata kunci. Kata kunci lebih dari satu kata. Kata kunci tunggal (hanya satu kata) adalah yang paling samar.
  3. Kata kunci berperingkat tinggi. Kata kunci yang digunakan situs-situs otoritatif.

Menggunakan kata kunci untuk SEO merupakan metode “trial and error”. Lacak performa kata kuncimu dengan Google Analytics. Tetap gunakan kata-kata yang memancing trafik tinggi dan ganti kata-kata yang tidak begitu.

12 – Bangun Tautan (Link Building)

Pembuatan link atau tautan masih menjadi salah satu faktor peringkat penting bagi SEO. Tapi, ingatlah untuk selektif dengan tautanmu.

Tautan itu sebaiknya dari website-website otoritatif dengan konten berkualitas tinggi. Jangan mudah tergoda membeli tautan atau berpartisipasi dalam pertukaran tautan. Taktik black hat seperti ini sebenarnya bisa merusak profil tautan dan menurunkan ranking mesin pencari.

13 – Ramah Seluler

Perangkat apa yang sering kamu gunakan – desktop, laptop, atau handphone?

Kalau jawabanmu handphone/ponsel, kamu tidak sendiri. Ponsel merupakan perangkat praktis agar kita tetap terkoneksi. Benda ini cukup kecil untuk diselipkan di saku selama perjalanan sehari-hari serta cukup kuat untuk menyimpan aplikasi dan data.

Pasar seluler Asia tenggara sudah meningkat secara drastis. Kalau websitemu tak ramah seluler, kamu berisiko kehilangan pelanggan berharga.

Kenapa website ramah-seluler itu penting?

  1. Ramah-mesin pencari: Optimasi seluler merupakan salah satu kualifikasi peringkat utama Google. Ini karena mesin pencari mengenali meningkatnya populasi pengguna internet seluler.
  2. Mengungguli para pesaingmu: Ini pasar yang teramat kompetitif – tetapi, tak banyak bisnis berinvestasi pada website responsif. Tangkap peluang itu dan pastikan websitemu dirancang untuk perangkat genggam.
  3. Meningkatkan interaksi pengguna: Mustahil bagi sebuah website dengan tata letak seluler yang berantakan membuat pelanggannya betah. Hasilnya? Reputasi online buruk dan penjualan yang payah.

Pelajari lebih lanjut mengenai ini dan tips marketing seluler lain di sini.

14 – Niche

Siapa target marketmu? Ada pepatah di dalam bisnis: “Kalau kamu menjual kepada semua orang, kamu tak menjualnya kepada siapa pun.”

Kamu tak bisa menyenangkan semua orang. Pilih niche atau subjek/kategori/tipe khusus sebagai spesialisasi agar menonjol dari kompetitormu dan menawarkan layanan berkualitas lebih tinggi.

15 – Subskripsi

Kita sudah membahas pentingnya marketing email. Sekarang waktunya membuat mereka masuk ke daftar emailmu.

Opt-in/subskripsi merupakan insentif agar orang mendaftar dan menerima emailmu. Bisa berbentuk apa saja – dari eBook gratis hingga voucher diskon. Kuncinya menyediakan nilai (konten bernilai tinggi, promo, dll.) kepada pengguna, untuk memikat mereka mendaftar.

16 – Gerbang Pembayaran

Kalau tak bisa menerima pembayaran, maka tak ada penjualan. Banyak orang mengabaikan aspek ini saat membuat toko online. Mereka hanya menerapkan apa pun yang tersedia terlebih dahulu.

Dalam kenyataannya, ada beragam jalur pembayaran untuk dipilih. Buat keputusan dengan menganalisa biaya, kenyamanan, dan target audiensmu.

17 – Calon Pengguna Berkualitas

Calon pengguna yang berkualitas merupakan mereka yang menunjukkan minat kepada produk dan layananmu.

Ingat Opt-in/Subskripsi? merekalah contoh para calon pengguna yang memenuhi syarat.

Calon pengguna yang memenuhi syarat ini menyediakan informasi dengan imbal sesuatu yang menguntungkan mereka. Kamu bisa menawari mereka eBook, white paper/buku putih, newsletter, dan voucher diskon.

18 – Remarketing

Biasanya butuh beberapa kali usaha sebelum pelanggan membeli.

Iklan media sosial membuatmu terlihat oleh audiens lebih besar, meningkatkan calon pengguna dan conversion. Namun, bila mereka tak kembali ke websitemu, kemungkinan kamu takkan bisa menjadikan mereka pembeli.

Gunakan metode tangkap-data dan cookies website untuk mempelajari pengunjung lebih lanjut. Ini juga memberitahumu bagaimana menyampaikan konten dan produk yang paling sering berinteraksi dengan mereka.

19 – SEO

SEO (Search Engine Optimisation) adalah sahabat setiap marketing online sebuah bisnis.

Inilah strategi yang mengarahkan trafik inbound ke websitemu dari mesin pencari – membuat calon pelanggan dan menambah kesadaran brand.

Untuk tips SEO lebih lanjut, baca panduan bebas repot dan bebas ribet di sini.

20 – Tracking

Sebagian besar bisnis online gagal karena pemiliknya membuat toko dengan mental “bikin dulu, toh nanti mereka datang sendiri.”

Saat menumbuhkan kesadaran onlinemu, mencatat jejak perkembanganmu itu penting. Ini membuatmu bisa menyesuaikan strategi, dan akhirnya mencapai tujuan bisnismu.

Untuk mengukur dan menganalisis pertumbuhan bisnis, ingat tips berikut:

  1. Tentukan tujuan marketing jangka pendek dan panjang. Buat daftar tujuan yang bisa dicapai. Apa kamu ingin meluncurkan kampanye yang memancing sejumlah calon pelanggan? Atau mungkin kamu ingin meningkatkan retensi pelanggan? Tujuan yang lebih spesifik, terukur, dan terjadwal akan lebih baik.
  2. Google Analytics adalah sahabatmu. Google Analytics merupakan layanan bebas yang paling bagus digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah. Kamu akan mendapat ulasan langsung mengenai kampanye marketing, landing page, konten, dan banyak lagi.
  3. Buat daftar perilaku pelanggan yang rutin dimonitor. Ini termasuk jumlah kunjungan website, calon pengguna, dan conversion.

21 – Pengalaman Pengguna

Kamu bisa membuat website paling keren di dunia. Namun, bila pengunjung websitemu tak menganggap ini intuitif atau berguna, toh ini tak ada gunanya bagimu.

Prioritaskan pengalaman pengguna setiap kali kamu mempercantik websitemu, dan buat sesuatu yang kamu tahu mereka akan sukai.

22 – Konten Viral

Bila ada yang viral, hal itu akan dilihat jutaan orang di dunia.

Sayangnya, tak ada jaminan 100% kontenmu akan viral. Namun, terus fokus untuk menciptakan konten unik yang akan dicintai audiensmu. Begitu kamu menarik perhatian mereka, mereka akan mulai membagikannya kepada teman dan keluarga.

23 – Pembuat Website

Ingin membuat website hebat, tetapi tak punya kemampuan teknis untuk melakukannya?

Carilah pembuat website yang mudah digunakan seperti Sitebeat dan minisite.web.id Kamu bisa menghemat waktu dan uang yang dibutuhkan untuk membuat website.

24 – XML Sitemap

XML sitemap membuat jalur peta seluruh penjuru websitemu yang digunakan Google untuk mengindeks toko onlinemu.

Buat satu untuk meningkatkan SEO websitemu. Pastikan memasukkan semua halaman yang kamu ingin diberi peringkat.

25 – Kamu

Orang suka membeli sesuatu dari brand “manusia”. Tempatkan dirimu di depan dan tengah dengan menceritakan sebuah kisah. Buat halaman “Tentang Saya” yang menarik atau bagikan kisahmu di halaman utama.

Halaman “Tentang” yang dibuat dengan baik adalah yang sederhana, mampu berinteraksi, dan menarik secara visual. Jadi, pasang fotomu, sekaligus gambar-gambar di balik layar saat kamu bekerja.

26 – Jaga Kesehatan

Membangun bisnis itu melelahkan, bahkan di waktu dan situasi terbaik.

Ada masanya di mana kamu merasa seperti bekerja 24/7 dan tak punya kehidupan saat menjalaninya. Jangan putus asa, karena nanti itu akan jadi lebih mudah. Manfaatkan teknologi terkini atau minta bantuan dari teman atau rekan sesama pemilik bisnis.

Akhirnya, temukan keseimbangan antara bekerja dan bersenang-senang – jangan lupa menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional saat melakukannya!

Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang membangun toko merchandise online yang sempurna, dan bagaimana Sitebeat bisa membantu, hubungi kami hari ini.

Leave a Comment