Apakah Bisnis Sampinganmu Butuh Website?

Sebagai seorang pekerja lepas (freelancer), kamu mungkin masih ragu untuk memiliki website sendiri:

“Saya nggak tahu gimana mau coding…”

“Website perlu banyak sekali pengeluaran dan pengelolaan…”

“Lagian saya bisa untuk daftar di pasar pekerja lepas seperti Upwork dan Fiverr…”

Tapi ingat: jumlah pekerja lepas sedang meningkat. Populasi pekerja lepas dijangka untuk mencapai 50% total tenaga kerja pada tahun 2020 – dan itu hanya di Amerika Serikat.

Dengan kumpulan pekerja yang lebih besar, memisahkan dirimu menjadi lebih menantang. Kamu harus meninggalkan jejak kesan yang sangat jelas. Keunggulan yang kompetitif menjadi kunci utama.

Lagipula, membuat website lebih mudah dari sebelumnya. Pembuat website sekarang ada, memberikanmu kemampuan membuat website tanpa mempelajari cara membuat kode.

Perlu diyakinkan lebih lanjut? Berikut adalah alasan lainnya untuk membuat website sendiri dan memulai karir sebagai pekerja lepas.

Ya, 7 Alasan Bisnis Sampinganmu Butuh Website

Website memberi bisnis sampinganmu identitas brand

Apa yang membuatmu unik? Biar tetap mengesankan, fokuslah pada apa yang membedakanmu dari orang lain: kepribadian.

Begini caramu bisa berkomunikasi melalui brand pribadimu lewat sebuah website:

  • Tunjukkan di layout (tata letak). Kamu orang yang lantang dan kreatif? Pilih warna-warna tegas dan mencolok, dengan layout dinamis. Kamu pekerja lepas elit yang lugas dan tidak suka omong kosong? Tema minimalis dengan alur elegan sepertinya tepat untukmu.
  • Buatlah logo sendiri dan jadilah pribadi profesional.
  • Putuskan nama kreatif yang akan menarik perhatian klien dan pengunjungmu. Kamu bisa pakai sesuatu sesimpel namamu sendiri, atau yang lebih kreatif.
  • Miliki alamat domainmu sendiri. Gunakan namamu tadi agar audiens lebih mudah mengingatnya.

Website membangun kredibilitas

Bagaimana kamu meyakinkan klien kalau mampu menuntaskan pekerjaan? Website yang diurus dengan baik dan berfungsi penuh bisa jadi bukti cukup kalau kamu bisa menyelesaikan ini itu—dan bisa melakukannya dengan hebat!

Memiliki website memberi kesan pada klien kalau kamu berinvestasi pada pekerjaan sampingan ini. Hal tersebut membuatmu lebih dipercaya sebagai seorang profesional.

Ingin membuktikan kamu penulis rajin? Tunjukkan website di mana kamu nge-blog secara rutin. Perlu meyakinkan klien tentang kreativitasmu? Buat mereka kagum dengan desain antarmuka yang luar biasa.

Website memberi platform untuk membangun dan memamerkan portofoliomu

Melalui website, kamu bisa menonjolkan prestasi dan memamerkan karya terbaikmu.

Menyajikan website portofolio pada klien potensial bisa sangat membantu, ketimbang hanya mengirimi mereka PDF melalui email. Kamu bisa membuatnya personal agar bisa merefleksikan brand, serta klien-klien potensial bisa berinteraksi dengan karyamu dan membagikannya kepada yang lain.

Kamu menarik klien lokal maupun global

Sebanyak 78% pencarian online berujung pada pembelian. Kamu tahu ada berapa banyak pencarian Google dilakukan dalam sehari? Angkanya mencapai miliaran.

Eksposlah bisnismu ke kelompok audiens lebih besar. Dengan website, kamu bisa mengandalkan mesin pencari untuk mengindeks konten dan memerkannya kepada beragam audiens.

Calon-calon klien dari seluruh dunia, kapan pun, bisa menemukanmu dan mempelajari apa yang kamu tawarkan—kalau kamu punya website yang bisa mereka temukan.

Kamu terbuka berkomunikasi 24/7

Membuat website membuka jalan awetnya hubungan yang akan membantu membuat jaringan profesionalmu solid.

Binalah keterikatan dengan mendorong para pengunjung untuk berlangganan blog atau newsletter/nawalamu. Tautkan website tersebut ke akun-akun media sosialmu dan bangunlah hubungan.

Umpan balik dan diskusi adalah sebagian hal yang juga bisa kamu tawarkan di website. Pastikan saja kamu mengatur konten yang kamu tunjukkan dengan tepat.

Ini kesempatan untuk pendapatan ekstra

Bergabung dengan marketplace untuk pekerjaan lepas biasanya dikenai beban tambahan. Ada yang meminta komisi dari pendapatanmu, dan ada juga yang meminta biaya keanggotaan pro untuk akses penuh terhadap fitur mereka.

Mendapatkan klien melalui websitemu sendiri membebaskanmu dari biaya marketplace tersebut. Kamu bisa simpan lebih banyak uang!

Hasilkan bahkan lebih banyak lagi melalui websitemu, dengan panggung terpisah di samping menjual keahlianmu yang berharga. Pilihlah mulai dari marketing afiliasi, menjual ruang iklan, hingga menjual produk dan merchandise digital.

Kamu memiliki websitemu sepenuhnya

Mengandalkan platform lain seperti marketplace untuk freelance dan media sosial saja akan menahanmu hingga batasan tertentu. Salah satunya, mereka bisa membatasi calon klien melihatmu karena algoritma yang mereka pasang. Mereka pun bisa tutup kapan pun, yang mungkin akan membuat karyamu hilang selamanya.

Dengan website, kamu tak perlu khawatir dengan semua itu. Mulai dari membuatnya lebih menonjol berkat SEO hingga strategi marketing lain demi menjaga karyamu tetap utuh, semua ada di dalam genggaman.

Kesimpulan

Website merupakan investasi wajib punya bagi pekerja lepas. Dengan waktu, kesabaran, dan komitmen, imbalan dan kesempatan yang bisa kamu hasilkan dari sana jadi tak terbatas.

Kerja sampingan itu tidak gampang. Namun, sepanjang kamu punya dasar yang benar, karirmu akan melaju dengan mulus.

Leave a Comment