Buat Bisnismu Bergema dengan Testimoni Pelanggan

Buat Bisnismu Bergema dengan Testimoni Pelanggan

Kekuatan testimoni pelanggan tak bisa dibantah lagi. Di masa semua nyaris terjangkau oleh pencarian Google, pelanggan lebih mengandalkan ulasan online daripada sebelumnya, untuk memutuskan apakah sebuah produk atau jasa itu layak dibeli.

Testimoni pelanggan online bisa dibilang marketing mulut-ke-mulut digital. Sekitar 91% pelanggan mempercayai ulasan online layaknya rekomendasi pribadi.

Kenapa Testimoni Pelanggan itu Penting?

Testimoni membangun rasa percaya dan kesetiaan

Testimoni pelanggan dipercaya oleh pembeli di pasar B2B dan B2C dibandingkan jenis konten lain.

Saat kamu meminta testimoni dari para pelanggan, kamu membuat mereka merasa dihargai.

Ini menuntun mereka memiliki sikap positif terhadap brandmu. Bila mereka merasa senang dengan perusahaanmu, mereka cenderung memberitahu orang lain tentang pengalaman mereka. Pelangganmu bisa menjadi tim penjual pribadimu!

Mereka menghindarkanmu dari gesekan

Ada pelanggan yang khawatir menghabiskan uang mereka untuk layanan mahal. Yang lain juga tetap tak yakin dengan kelebihan produk itu.

Testimoni pelanggan memungkinkan mereka melihat bagaimana produk atau layanan berhasil untuk orang lain. Ini memberimu kesempatan mengubah penjualan yang sulit menjadi pelanggan yang membeli.

Ini bagus untuk keuntunganmu

Kamu bisa meningkatkan tingkat konversi sebanyak 270% dengan menampilkan ulasan. Kecenderungan konsumen berlangganan bisnismu juga meningkat sebesar 68%.

Bagaimana Memilih Testimoni Pelanggan yang Tepat Bagi Bisnismu

Walau kedengarannya keren, tetapi tak semua testimoni pelanggan sama. Kamu harus memilih yang tepat sehingga selaras dengan bisnismu.

Berikut beberapa tips dan trik untuk memandumu melalui proses itu.

Kumpulkan testimoni dari semua sumber yang memungkinkan

Mulai dengan menjelajahi akun-akun media sosial, email pelanggan, atau komentar blog. Cek apakah ada pelanggan meninggalkan umpan balik (feedback) yang bagus pada semua platform ini.

Tak yakin mau mulai dari mana? Perhatikan tips berikut:

  1. Kirimi pelanggan survei pendek untuk mendapat umpan balik tentang brandmu.
  2. Minta izin menggunakan foto atau mengutip pernyataan mereka di websitemu.
  3. Gunakan perangkat survei online gratis, termasuk Google Forms, Survey Money, dan Polldaddy.

Hindari ulasan umum

Hindari ulasan satu-baris. Selain itu, jangan pilih ulasan yang terlalu panjang tetapi tidak jelas, atas rating positif itu.

Pilihlah yang memberi detail kenapa mereka menyukai produkmu, atau bagaimana produk ini bisa membantu mereka meraih tujuan bisnis.

Jadilah otentik

Testimoni palsu merupakan bentuk iklan yang menipu. Bisnis yang menggunakan itu akhirnya membayar harga yang mahal.

Jangan mempertaruhkan reputasimu.

Ceritakan kisah yang menarik

Tanyakan pertanyaan yang memancing kisah perjalanan pelanggan, mulai saat mereka mendaftar sampai ke titik mereka mencapai tujuannya.

Pertimbangkan testimoni terbalik

Bukannya memulai dengan pujian, awalilah dengan bagaimana pelanggan tadinya ragu atau skeptis.

Perlahan-lahan berpindahlah ke fitur produk atau jasa yang menyebutkan kegelisahan mereka. Lalu, akhiri dengan pernyataan positif dengan menunjukkan bagaimana bisnismu membantu mereka.

Ciptakan efek emosional lebih besar dengan testimoni video.

Testimoni video menunjukkan “sisi humanis” brandmu. Beri konteks pada penontonmu tentang latar belakang pelanggan dengan menyertakan sorotan lokasi dan wawancara pendek.

Soroti tantangan bisnis utama yang dihadapi pelanggan, dan kaitkan ini dengan fitur produk atau kayanan yang membantu mereka menaklukkan tantangan ini.

Bagaimana kamu mengajak pelanggan menjadi bagian dari video studi kasus?

Tak semua pelanggan nyaman di depan kamera. Nah, ini semua berkaitan dengan timing sempurna.

Atur waktu permintaanmu langsung setelah memberi layanan baik kepada mereka.

Begitu klien setuju direkam, permudah mereka dengan memberi tuntunan. Rencanakan alur cerita, lalu tentukan waktu dan lokasi syuting. Bantu mereka merasa nyaman dengan memberitahukan pertanyaannya terlebih dahulu.

Mengajak tim legal ikut terlibat juga ide yang bagus, sehingga kalian satu suara tentang apa yang akan disampaikan di video dan apa yang tidak disampaikan.

Persona pembeli memberi bisnis gambaran jelas tentang pelanggan ideal mereka, seperti masalah yang mereka hadapi dan proses pengambilan keputusan mereka.

Agar selaras dengan audiens targetmu, pelanggan yang memberikan testimoni sebaiknya mewakili persona pembelimu. Dengan begini, calon pelanggan yang sesuai dengan persona itu bisa merasa terhubung.

Tambahkan Testimoni Pelanggan ke Websitemu

Menampilkan testimoni di websitemu membuat brand bisa berbicara atas namanya sendiri. Hal ini membangun kredibilitas dan rasa kepercayaan di antara calon pelanggan.

Undang perhatian ke testimonimu dengan meletakkannya di laman utama, laman landing terpisah, atau di bawah deskripsi produk.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membangun bagian testimonimu sendiri di website Sitebeat milikmu.

1. Mulai buat websitemu dengan memilih satu di antara banyak template yang tersedia dalam beragam kategori.

2. Pilih Multi-Halaman atau Satu-Halaman, lalu klik tombol Buat Situs Baru.

3. Di laman Editor Situs, klik Tambah.

4. Klik menu Blok, lalu cari tab Testimonial.

5. Pilih satu di antara banyak format yang tersedia, lalu geser-dan-lepas itu ke tempat yang diinginkan.

6. Pilih teks yang ingin kamu edit dengan perangkat editor teks. Gunakan teks formal, sisipkan tautan atau blok kutipan, buat daftar, atau mengubah ukuran font, tipe, dan warna.

7. Klik ikon Edit untuk mengubah bagaimana kotak teksmu akan muncul.

8. Kamu bisa memasang foto atau menggunakan warna sebagai latarnya, atau tambahkan elemen seperti garis batas, radii, atau bayangan.

9. Klik tempatmu menaruh foto untuk mengakses program editor foto. Perangkat ini membuatmu bisa mengganti foto yang sudah ada, memangkas gambar, atau menyisipkan tautan ke dalamnya.

10. Klik tab Lanjutan. Masuki lebih banyak pilihan seperti melakukan lapisan, memasang teks atau captions alternatif, atau memperbesar gambar saat pengguna mengekliknya.

11. Di sisi kanan blok, kamu juga bisa mengakses perangkat untuk mengedit blok website, termasuk testimoni. Ada lima opsi menu utama:

1. Tata letak

  • Memungkinkan dirimu mengubah kolom yang tadinya satu menjadi enam.
  • Memungkinkan dirimu menyusun semua kotak di dalam blok secara vertikal.

2. Latar belakang

  • Membuatmu bisa menambah dan mengustomisasi foto, video, slider, atau peta sebagai latarnya.

3. Pindah – pindah blok senyamanmu, dari satu tempat di website ke tempat yang lain.

4. Duplikat – Buat salinan dari seluruh blok itu dengan hanya satu klik.

5. Hapus – Membuatmu bisa menghapus seluruh blok.

12. Gunakan tab Pratinjau untuk memeriksa bagaimana blok testimoni sebelum menayangkan perubahannya.

13. Terapkan perubahan pada websitemu dengan mengeklik tombol Publikasikan.

Kesimpulan

Testimoni pelanggan merupakan cara murah, tetapi kuat untuk membangun brandmu. Pastikan tetap memperbarui testimonimu seiring perjalanan. Bila memungkinkan, buat studi kasus bersama untuk menunjukkan hasil yang bisa diukur.

Leave a Comment