Panduan 5 Menit Menulis Laman Tentang (yang Cocok untuk Pekerja Kreatif dan Konsultan)

Kamu sudah mendesain websitemu sesuai keinginan dan mengisi lamannya dengan tulisan paling meyakinkan.

Hanya tinggal satu masalah — Laman Tentang.

Laman Tentang merupakan bagian yang sering diabaikan oleh pemilik website. Ini mungkin karena kita sering merasa tak nyaman membicarakan diri sendiri. Seringkali kita pun tak yakin mau mulai dari mana.

Namun, bagi bisnis berorientasi layanan – seperti konsultasi dan agensi kreatif – Laman Tentang itu krusial. Manfaatkan itu, maka kamu akan mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan.

“Memangnya ada yang membaca Laman Tentang?”

Apa kamu tahu 52% orang melihat laman Tentang saat mengunjungi sebuah website?

Logikanya sederhana: Orang ingin tahu dengan siapa mereka berbisnis.

Saat bertemu seseorang di acara tertentu, percakapanmu umumnya dimulai dengan latar belakang, hobi, dan acara favorit, di antara hal-hal lainnya.

Kamu mencari persamaan untuk membangun hubungan – sesuatu yang layak dirawat dan dijaga, itulah alasannya.

Demikian pula audiensmu. Mereka ingin mengenalmu sebelum bertransaksi denganmu.

7 Tips Membuat Laman Tentang yang Akan Dibaca Orang

Lebih mudah bicara tentang membuat Laman Tentang untuk brandmu daripada melakukannya.

Kamu tak mau laman itu kelihatan terlalu “jualan”, tetapi pada saat bersamaan, kamu ingin menciptakan koneksi dengan audiensmu.

Kabar baiknya, kamu bisa menciptakannya sendiri — bahkan tanpa pengalaman copywriting.

Berikut tips dan trik mudah untuk sebuah Laman Tentang yang efektif.

1. Jadikan ini tentang audiensmu.

Kami tahu kamu mungkin berpikir, “lho, bukannya ini laman TENTANGKU?”

Sering kali, pelanggan takkan peduli tentang visi dan misi besar serta filosofi. Mustahil mengubahkan secara perlahan.

Orang-orang mampir ke websitemu membawa satu masalah, dan mereka ingin masalah itu diselesaikan dengan bantuanmu.

Jangan mengagung-agungkan brandmu dengan membuat Laman Tentang hanya tentang dirimu.

Fokuslah pada audiens targetmu. Apa titik kegelisahan mereka? Apa yang akan mereka dapatkan darimu? Jadikan laman Tentangmu sepadan dibaca, dengan memberitahu mereka bahwa kebutuhan mereka adalah prioritasmu.

Apptopia menerapkan tips ini secara halus. Isi laman Tentang mereka dengan mudah terhubung dan menumbuhkan empati pada setiap orang yang mereka sasar.

2. Kisahkan ceritamu – atau cerita orang lain.

Kalau ada cerita menarik untuk dikisahkan, pasanglah di laman Tentangmu.

Orang ingin membaca anekdot menyenangkan dibandingkan tulisan membosankan yang menjabarkan seluruh prestasi perusahaan. Cerita yang bagus menjangkau lebih banyak orang. Cerita memanusiakan brandmu.

Cerita latar bagus tentang awal perjalanan dan perjuanganmu yang apa adanya bisa mengena di hati.

Ikuti contoh Marc Ensign. Sosok yang kepengin jadi superhero (memangnya siapa yang tidak mau?) yang berubah menjadi marketer sukses ingin membantumu mengubah dunia. Nah, bagaimana pendapatmu tentang cerita latar itu?

3. Jadilah transparan.

Laman Tentangmu merupakan kesempatan lainnya untuk memasarkan brandmu. Namun, kamu tak ingin menunjukkan konten serupa seperti di laman beranda. Kamu juga tak mau websitemu menjadi akun kenangan yang membuat pembaca bosan setengah mati.

Karena laman Tentangmu digunakan sebagai bahan marketing, tak ada salahnya unjuk gigi. Namun, saat melakukannya, lakukan dengan sehalus dan sejujur mungkin. Berikut dua cara melakukannya:

  • Tampilkan kredensialmu dengan cara sebenar-benarnya. Mamaparkan fakta dan angka akan mencegahmu kedengaran congkak dan memaksa. Hindari kata paling – kecuali kamu punya fakta pendukungnya.
  • Beritahu mereka firma konsultasi atau kreatifmu ada. Bila memungkinkan, cantumkan alamat dan detail kontak di laman Tentangmu. Jangan lupakan tautan media sosialnya — sebagian besar pelangganmu mungkin mencari tahu dari sana terlebih dulu.

4. Tulislah seperti sedang mengobrol.

Menulis jargon dan kata-kata sanjungan hanya membuat orang enggan membaca tulisanmu. Yang ada, mereka akan melewati laman Tentangmu setelah membaca kalimat pertama.

Jadi, tulislah dengan bahasa percakapan. Anggap audiensmu sebagai teman, dengan menggunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami.

Lalu, ingat untuk gunakan kalimat aktif dibandingkan kalimat pasif untuk memperkuat tulisanmu. Tak tahu apa bedanya? Gampangnya, awali kalimatmu dengan subyek.

Pasif: Agensi Desain ini dibangun olehku dan John tahun 2011.

Actif: Aku dan John membangun Agensi Desain ini tahun 2011.

5. Buat sesuatu yang menarik secara visual.

Salah satu jalan menarik perhatian audiensmu saat ada di laman Tentangmu adalah dengan memanjakan mata mereka. Pertimbangkan untuk memasang foto, video, infografis, atau bentuk media lain agar mereka tetap tertarik.

Pembuat website, seperti Sitebeat, memudahkan menambah bentuk media lain yang berbeda sehingga bisa memeriahkan websitemu. Melalui platform ini, kamu tak perlu mencemaskan coding websitemu tiap kali memasang media.

Setelah mendaftar ke Sitebeat, kamu hanya perlu mengikuti 3 langkah:

1. Pilih template.

2. Masuk ke Editor.

  1. Masuk ke template laman Tentang. Atau buat satu laman dengan memilih opsi Pages.
  2. Mulai buat dengan mengeklik Build.
  3. Geser-dan-lepas Feature. Tambahkan foto, video, atau seluruh isi Galeri.

3. Preview situsmu dan tekan Publish.

Kalau tak bisa menuliskan kisahmu, coba sampaikan melalui video. Video cocok bagi pengguna internet dengan rentang perhatian pendek. Ditambah lagi, memasang video di landing page bisa meningkatkan konversi hingga 80%.

6. Gunakan gayamu sendiri.

Laman Tentangmu adalah tempat terbaik di website untuk menunjukkan kepribadianmu. Gunakan kreativitasmu dan percantik kontenmu sesuai gaya brandmu. Ini mendorong konsistensi dalam urusan branding dan menambah kekhasan di perusahaanmu.

Personalisasi laman Tentangmu sebanyak mungkin. Berkreasilah dengan gaya atau nada yang kamu inginkan.

Bandingkan dua laman Tentang berikut dari sebuah web konsultasi dan desainer web lepas. Dua tulisannya memiliki nada dan gaya berbeda, tetapi masih menarik bagi audiens yang mereka sasar.

Sumber: Nerdery

Sumber: Gummi Sig

7. Tes dan perbarui secara rutin.

Laman Tentang yang ampuh bagi brandmu hari ini bisa jadi tidak berguna di masa depan. Toh, perubahan selalu terjadi. Mungkin kamu memutuskan rebranding, atau semata ingin memberikan laman Tentangmu nilai lebih.

Bila begitu, jangan ragu mengubahnya.

Teruslah memperbaiki laman Tentangmu. Tonjolkan kalimat jenaka atau tambahkan foto timmu untuk membuat perubahan besar. Cek analitika websitemu secara rutin agar tahu seberapa baiknya nilai lamanmu yang baru direvisi. Revisi lagi bila diperlukan dan ujilah perubahannya (termasuk seberapa responsifnya laman itu di perangkat seluler).

Laman Tentangmu, seperti websitemu secara keseluruhan, sebaiknya terus dikembangkan.

Kesimpulan

Belum terlambat untuk membuat laman Tentang yang akan mendorong perjalanan bertansaksi para pengunjungmu. Kabari kami tips mana yang paling ampuh untukmu!

Leave a Comment