SEO Lokal bagi Pemula: 5 Cara Menangkan Pencarian Lokal

SEO Lokal bagi Pemula: 5 Cara Menangkan Pencarian Lokal

Anggap saja kamu baru tiba di kota yang asing—dan kamu kelaparan. Kamu butuh berapa lama untuk menemukan restoran bagus yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki? 15 sampai 30 menit? Nah, kamu memutuskan mengeluarkan ponsel dan cukup mencari di Google tempat makan terdekat. Gampang, kan? Hanya menekan satu tombol, kamu bahkan bisa memeriksa ulasan pelanggan dan melihat kapan jam buka usaha tersebut.

Inilah yang paling sering dilakukan pelanggan. Mereka membuat keputusan berdasarkan informasi menggunakan pencarian online sederhana. Bagi bisnis kecil yang ingin naik kelas, kamu perlu memperhatikan salah satu strategi marketing paling kuat di luar sana: SEO Lokal.

Apa itu SEO Lokal?

Siapa pun yang memasarkan bisnisnya secara online pernah mendengar SEO lokal dan organik.  Perbedaan terbesar di antara SEO organik dan lokal adalah peran kunci geografi pada SEO lokal.

Pada dasarnya, SEO lokal adalah praktik mengoptimasi website untuk pencarian lokal. Bila dilakukan dengan benar, itu akan menjadi strategi efektif bagi bisnis-bisnis yang menyasar pelanggan jarak dekat.

Pikirkan itu sebagai cara terbaik untuk bersaing dengan brand yang lebih besar—tanpa mengeluarkan uang untuk iklan yang mahal.

Kedengarannya bagus? Nah, menerapkan SEO lokal bisa membuat para pemula bingung. Makanya, kami menjabarkan tips gampang dan bebas-ribet untuk membantumu memulainya.

5 Tips SEO Mudah untuk Memenangkan Pencarian Lokal

1. Mulailah dengan yang dasar: Website bisnismu

Anggap saja kamu punya layanan perencanaan acara kecil-kecilan di Jakarta Selatan. Agar para pengunjung terbantu untuk menemukanmu secara online, kamu memutuskan membuat website.  Agar websitemu punya peringkat di hasil pencarian lokal, mulailah membuat prioritas pada tugas-tugas berikut:

  1. Membuat daftar area setempat yang ingin peringkatnya ingin kamu tempati: Karena agensi acaramu di Jakarta Selatan, kamu bisa memasukkan Jalan Kemang Raya atau seluruh kota Jakarta. Dari sini, buatlah kata kunci yang panjang, seperti “ “Event planner Jakarta” atau “Event organizer Kemang”.
  2. Tulislah blog atau konten web yang terkait dengan kata kunci panjangmu itu: Tetaplah berada di puncak hasil pencarian dengan memasukkan kata kunci panjang itu di dalam kontenmu.
  3. Kata kunci panjang dalam H1 tags: H1 tag merupakan elemen HTML (HyperText Markup Language). Ini biasanya teks header pada sebuah laman situs. Browser web menginterpretasi seluruh elemen HTML sebuah website. Jadi, memasukkan kata kunci relevan dalam H1 tag bisa mendongkrak hasil SEO.
  4. Ramah-seluler: Kamu tahu lebih dari 50% pencarian online dilakukan di perangkat seluler? Terlepas dari landing pada hasil pencarian perangkat berbasis lokasi, website yang teroptimasi seluler diberi prioritas oleh Google.
  5. Website berkecepatan tinggi:Kecepatan website menjadi faktor peringkat utama bagi Google — dan salah satu yang paling dasar. Untuk menilai kecepatan websitemu, pergi ke Google Pagespeed Insights — alat gratis ini menyediakan ringkasan kinerja websitemu, sekaligus tips bagaimana mengembangkannya.
  6. Referensi lokasi: Nah, di sinilah SEO lokal ikut andil. Masukkan referensi lokasi bisnismu pada title tagDAN tambahkan tautan ke bisnismu pada Google Maps. Mesin pencari diketahui mengenali lokasi geografis, mengarahkan pengguna kepada bisnis setempat.

2. Tap into the power of Google

Banyak bisnis lokal yang berniat mendapatkan tempat di “snack pack” — juga dikenal sebagai “Local 3-Packdari Google”. Daftar ini menampilkan tiga bisnis lokal teratas di sebuah area sebelum sepuluh besar hasil pencarian organik.

Hasil ini didasarkan pada alamat IP atau lokasi pengguna, dan niche kata kunci yang digunakan.

Tak ada rumus pasti untuk bisa masuk snack pack-nya Google, tetapi kamu bisa mulai dengan:

  1. Membuat akun Google My Business (GMB)-mu sendiri. GMB membuat profil bisnismu tersedia di pencarian dan peta bagi calon pelanggan.
  2. Menjaga profil bisnismu otentik.Sediakan informasi bisnis akurat—termasuk nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan foto-foto usahamu. Ini mempermudah Google memasangkanmu dengan pencarian yang tepat. Pastikan kamu memverifikasi lokasi bisnis saat kamu membuat GMB.
  3. Memperbarui profil bisnismu seperlunya.Bantu Google menampilkan informasi yang benar tentang bisnismu. Bila ada kesempatan mengubah detail kontak, alamat, dll., perbaruilah profil GMB-mu.

3. Buat profil media sosial untuk bisnismu

Ada lebih dari 3 miliar pengguna media sosial secara global, membuatnya menjadi platform hebat untuk memperluas jangkauan pasarmu. Namun, membuat akun online tidaklah cukup.

Optimasikan platform media sosial yang banyak digunakan dengan strategi berikut:

Facebook

  1. Mengubah URL Facebook: Gunakan URL yang mudah diingat dan mencerminkan brand (contoh: facebook.com/brand).
  2. Kategori brand: Masukkan kata kunci relevan.
  3. Informasi dasar:Berikan nama dan deskripsi usaha, nomor telepon, serta alamat lengkap.
  4. “Tentang”: Berikan semua informasi yang dibutuhkan, termasuk misi dan akun media sosial lain.
  5. Bisnis lokal: Tandai laman bisnismu sebagai “Bisnis Lokal”.

Twitter

  1. Nama dan Username: Refleksikan brandmu di sini.
  2. Bio: Maksimalkan batasan 160 karakter untuk memperkenalkan bisnismu.
  3. Tandai lokasimu.

Instagram

  1. Username: Gunakan nama brand dan lokasi (misal: Akun Instagram Samsung, samsung_id)
  2. Bio: Maksimalkan batas 150 karakter, perkenalkan bisnismu. Masukkan alamat di sini, bila di Username tak memungkinkan.
  3. Geotagging: Berinteraksilah dengan pengguna terdekat dengan memberikan postinganmu geotagging.

4. Bersiaplah dengan kekuatan backlink

Backlink — atau inbound links — artinya menghubungkan websitemu dengan situs eksternal.

Sinyal tautan atau backlinks merupakan faktor peringkat tertinggi kedua untuk snack pack Google.

Dapatkan backlinks untuk SEO lokalmu. Sponsori acara lokal, tawarkan testimoni pada bisnis dan pemasok lokal, serta cara lainnya yang akan memikat situs lokal menautkan diri kepadamu. Cara paling umum untuk mendapatkan backlinkadalah bertukar tautan atau menjadi tamu blog.

Seperti apakah backlinkyang baik?

  1. Relevan: Mesin pencarian bisa mengidentifikasi relevansi. Kamu tak bisa begitu saja bertukar tautan dengan sebuah situs karena punya trafik bagus. Misalnya, bila kamu menyediakan layanan pembasmi serangga, bertukarlah tautan dengan toko yang menjual peralatan pembasmi serangga.
  2. Trafik yang lumayan besar:Sudah ketemu situs yang relevan? Cari tahu trafiknya untuk menentukan otoritasnya.
  3. Konten bagus: Luangkan sedikit waktu untuk memeriksa konten situs itu. Apakah terasa profesional, bisa diandalkan, dan informatif?

5. Buat perbedaan dengan tambahan detail

Detail bisa memberi untung atau membuat buntung strategi SEO lokalmu. Seiring usahamu membuat website keren dan kehadiran media sosial, beri perhatian sama untuk detail lainnya:

Tambahkan Metadata

Title tags dan deskripsi Meta adalah yang pertama dilihat pengguna saat laman situsmu muncul di hasil pencarian. Ciptakan kesan baik dengan menyisipkan kata kunci yang secara singkat menggambarkan usahamu.

Selain itu, optimalkan keduanya dalam pencarian lokal dengan memasukkan nama kota atau wilayah tempat bisnismu beroperasi.

Kumpulkan dan pantau ulasan online

Mesin pencari tak hanya melihat konten yang kamu sajikan—mereka juga memonitor konten yang ditulis tentangmu.

Ulasan online adalah faktor peringkat tertinggi ketiga di snack packGoogle, yang mempertimbangkan jumlah dan frekuensi ulasan. Kenapa?

Google menyediakan yang paling relevan bagi pengguna. Adanya ulasan, terlepas jika itu ulasan buruk, mengirim sinyal kepada Google kalau bisnis itu relevan. Semakin banyak dan sering kamu mendapatkannya, semakin bagus peringkat lokalmu.

Bila kamu khawatir dengan ulasan buruk, perbaiki itu dengan langsung meresponsnya atau menandainya agar dihapus.

Verifikasi listing direktori bisnis lokal

Sediakan informasi bisnis yang seragam di seluruh direktori beragam—termasuk akun GMB dan laman media sosialmu—lalu verifikasi.

Apa intinya? Periksalah setiap aspek strategi SEO lokal—dan jangan lupa memperbaruinya sesuai kebutuhan.

Bulatkan Keputusanmu

Hasil SEO lokal yang diinginkan butuh waktu, kesabaran, dan investasi.

Namun, bila diarahkan secara tepat, ini bisa mendongkrak kehadiran onlinemu, basis pelangganmu, dan yang terpenting, profitmu. Untuk tips lebih lanjut tentang SEO, cek panduan bebas ribet untuk mengaktifkan dan menonaktifkan laman SEO di sini.

Leave a Comment